Friday, August 21, 2015

Arti Kemerdekaan untuk Pembangunan Bangsa


Pembangunan karakter bangsa sebagai wujud Kemerdekaan

 

Kemerdekaan merupakan hak suatu bangsa, seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 1 yang berbunyi “bahwa sesungguhnya kemerdekaan ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu,maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”. Salah satu  hal paling mendasar dalam pembangunan bangsa yaitu kemerdekaan, karena tanpa kemerdekaan bangsa kita akan tetap berada dalam kekuasaan bangsa lain. Kemerdekaan merupakan pintu gerbang dalam mewujudkan perubahan aspek kehidupan menjdi lebih baik dan sebagai langkah awal dalam pembangunan bangsa. Kekayaan budaya, bahasa, suku, dan agama tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya kemerdekaan.
Pada tanggal 17 Agustus 2015, Negara Indonesia telah menginjak kemerdekaan yang ke 70 tahun, namun apakah pembangunan Indonesia sampai saat ini sudah baik? Arti pembangunan bangsa bukan hanya sekedar membuat gedung-gedung pencakar langit yang megah dan mewah, lebih dari itu pembangunan bangsa merupakan upaya dalam mewujudkan segala aspek kehidupan yang lebih baik dari aspek sosial, budaya, ekonomi, politik yang menyeluruh dan berkelanjutan. Kemerdekaan merupakan motivasi untuk indonesia lebih maju dalam pembangunan. Semakin tua usia suatu Negara seyogyanya pembangunannya lebih maju, rakyat lebih merasa sejahtera, adil dan makmur. Perjuangan para pejuang dalam mencapai Indonesia merdeka sangat gigih dan penuh pengorbanan. Banyak para pejuang yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk mencapai kemerdekaan, tetapi tidak menikmati kemerdekaan. Seyogyanya bangsa Indonesia saat ini menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kegigihan dan kerelaan berkorban para pejuang pada masa lalu untuk mewujudkan pembangunan bangsa menjadi lebih baik.
Untuk mewujudkan segala aspek kehidupan tersebut untuk menjadi lebih baik harus dimulai dari pembangunan karakter bangsa. Dimulai dari pembangunan karakter bangsa maka akan berlanjut pada pembangunan Indonesia yang lebih maju. Membangun karakter merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki atau membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti), sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik berdasarkan nilai-nilai keagamaan dan kesusilaan. Pembangunan karakter bangsa dimulai dari pendidikan karakter yang berasal dari keluarga. Keluarga merupakan tempat utama membangun karakter suatu individu, oleh karena itu secara tidak langsung peran keluarga sangatlah penting dalam mewujudkan pembangunan bangsa.
Karakter bangsa adalah kualitas perilaku kebangsaan yang baik yang tecermin dalam kesadaran, pemahaman, rasa, dan perilaku berbangsa dan bernegara sebagai hasil olah pikir, olah hati, olah rasa seseorang atau masyarakat. Pembangunan Karakter Bangsa merupakan upaya suatu negara kebangsaan untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan dasar dan ideologi, untuk membentuk bangsa yang berakhlak mulia, bermoral, berbudaya, dan berorientasi IPTEK dan dijiwai oleh iman dan takwa kepada Allah SWT., berhasilnya pembangunan karakter suatu bangsa, maka akan terwujud suatu masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur dalam segala aspek kehidupan.  
Oleh karena itu, pembangunan karakter bangsa merupakan cikal bakal pembangunan bangsa Indonesia, sehingga semua aspek kehidupan baik dari segi sosial, budaya, ekonomi, politik, pendidikan, kesehatan akan menjadi lebih baik, dan bangsa Indonesia menjadi sejahtera, adil, dan makmur. Itulah makna kemerdekaan sesungguhnya.
 

0 comments:

Post a Comment